11 tujuan iklan fb ads

Sebagai media sosial terbesar di dunia, Facebook mengklaim memiliki pengguna aktif sebesar 2 miliar orang setiap bulannya. Beriklan melalui media sosial terbesar di dunia, artinya Anda akan memiliki kesempatan untuk menjangkau audiens yang sangat luas. Facebook ads, adalah layanan iklan yang ditawarkan oleh Facebook yang dapat Anda gunakan sesuai dengan keinginan.

Ada banyak tahapan yang harus Anda lakukan sebelum akhirnya bisa memasang iklan di Facebook. Salah satunya adalah tujuan iklan. Apa itu tujuan iklan?

Tujuan Iklan

Tujuan iklan adalah hal pertama yang akan Anda temui saat akan membuat iklan melalui Facebook ads. Tujuan yang dimaksud di sini adalah hal yang ingin Anda dapatkan dari penayangan iklan tersebut. Facebook membagi tujuan iklan menjadi 3 kategori yakni kesadaran (awareness), pertimbangan, dan konversi.

1. Awareness

Awareness memiliki 2 tujuan iklan yang bisa Anda pilih yakni brand awareness dan reach.

  • Brand Awareness: fitur ini digunakan untuk meningkatkan awareness audiens terhadap merek Anda dengan cara menampilkan iklan kepada audiens yang kemungkinan besar akan tertarik pada iklan Anda.
  • Reach: memungkinkan Anda untuk menampilkan iklan kepada sebanyak mungkin audiens, tentunya tanpa melebihi dari jumlah budget yang Anda sediakan. Dengan fitur ini, Anda juga dapat memilih untuk hanya menjangkau audiens yang berada di sekitar lokasi bisnis Anda.

2. Pertimbangan

Pada kategori pertimbangan, Anda dapat memilih salah satu dari enam tujuan iklan yang tersedia, yakni:

  • Penginstallan Aplikasi: fitur ini memungkinkan Anda untuk meningkatkan jumlah audiens yang menginstall mobile app Anda dengan memberikan direct link menuju App Store ataupun Google Play Store.
  • Trafficmeningkatkan jumlah audiens yang mengunjungi website, mobile app, ataupun percakapan Messenger Anda, serta meningkatkan kemungkinan audiens untuk melakukan tindakan tertentu saat sedang berada di sana.
  • Leadsdengan fitur ini, Anda bisa menyasar audiens yang tertarik untuk mempelajari lebih jauh tentang brand Anda, dan mendorong mereka untuk mendaftarkan diri di website Anda, baik menjadi member ataupun berlangganan email.
  • Pesan: melalui iklan, Anda dapat mengajak audiens untuk membuka lebih banyak interaksi Messenger. Dengan begitu, Anda dapat berkomunikasi langsung dengan mereka, sehingga Anda bisa menjawab pertanyaan, mendapatkan leads baru, dan pada akhirnya meningkatkan penjualan.
  • Interaksi:fitur ini memungkinkan Anda untuk mengajak audiens mengunjungi dan mengikuti page Anda, ataupun berinteraksi dalam suatu postingan dengan memberikan komentar, share, dan like.
  • Tayangan Video: Anda bisa menayangkan video kepada audiens yang kemungkinan besar memiliki ketertarikan dengan brand Anda dan akan menontonnya sampai selesai

3. Konversi

Pada kategori konversi, ada tiga tujuan iklan yang dapat Anda pilih, yakni:

Demikian pembahasan mengenai tujuan iklan yang perlu Anda pahami dalam Facebook ads. Beberapa tujuan di atas dapat Anda pilih sesuai dengan kondisi bisnis Anda dan strategi pemasaran apa yang digunakan

Post a Comment

0 Comments